Sunday, 20 April 2014

Contoh Penyakit Menular

Contoh Penyakit Menular – Pembahasan Penyakit Menular kali ini membahas tentang Contoh Penyakit Menular. Contoh Penyakit Menular yang akan dibahas di sini diantaranya : Penyakit Malaria, Penyakit TB Paru, Penyakit HIV/ AIDS, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), dan Penyakit Kusta. Baca juga artikel kesehatan tentang Penyakit tidak Menular

Contoh Penyakit Menular

1. Malaria Penyakit Menular

Malaria adalah penyakit yang disebabkan 0leh parasit bernama Plasm0dium. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. Di dalam tubuh manusia, parasit Plasm0dium akan berkembang biak di 0rgan hati kemudian menginfeksi sel darah merah. Pasien yang terinfeksi 0leh malaria akan menunjukan gejala awal menyerupai penyakit influenza, namun bila tidak di0bati maka dapat terjadi k0mplikasi yang berujung pada kematian.

Penyakit ini paling banyak terjadi di daerah tr0pis dan subtr0pis di mana parasit Plasm0dium dapat berkembang baik begitu pula dengan vekt0r nyamuk An0pheles. Daerah selatan Sahara di Afrika dan Papua Nugini di 0ceania merupakan tempat-tempat dengan angka kejadian malaria tertinggi.

Berdasarkan data di dunia, penyakit malaria membunuh satu anak setiap 30 detik. Sekitar 300-500 juta 0rang terinfeksi dan sekitar 1 juta 0rang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya. 90% kematian terjadi di Afrika, terutama pada anak-anak.

Contoh Penyakit Menular

 

Contoh Penyakit Menular

 

2. TB Paru Contoh Penyakit Menular

Infeksi TB umumnya bersifat asimtomatikdan laten. Namun hanya satu dari sepuluh kasus infeksi laten yang berkembang menjadi penyakit aktif. (dahulu TB disebut penyakit “konsumsi” karena orang-orang yang terinfeksi biasanya mengalami kemerosotan berat badan.) Orang-orang yang melakukan kontak juga harus menjalani tes penapisan dan diobati bila perlu. Pada tahun 2007, diperkirakan ada 13,7 juta kasus kronis yang aktif di tingkat global. Pada tahun 2010, diperkirakan terjadi pertambahan kasus baru sebanyak 8.8 juta kasus, dan 1,5 juta kematian yang mayoritas terjadi di negara berkembang.

3. HIV/ AIDS Contoh Penyakit Menular

Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV; atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Kini AIDS telah menjadi wabah penyakit. AIDS diperkiraan telah menginfeksi 38,6 juta orang di seluruh dunia.

4. Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Contoh Penyakit Menular

Infeksi saluran napas akut dalam bahasa Indonesia juga di kenal sebagai ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) atau URI dalam bahasa Inggris adalah penyakit infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernapasan, hidung, sinus, faring, atau laring.

5. Kusta Contoh Penyakit Menular

Penyakit Hansen atau Penyakit Morbus Hansen yang dahulu dikenal sebagai penyakit kusta atau lepra adalah sebuah penyakit infeksi kronis yang sebelumnya, diketahui hanya disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae, hingga ditemukan bakteri Mycobacterium lepromatosis oleh Universitas Texas pada tahun 2008, yang menyebabkan endemik sejenis kusta di Meksiko dan Karibia, yang dikenal lebih khusus dengan sebutan diffuse lepromatous leprosy. Tidak seperti mitos yang beredar di masyarakat, kusta tidak menyebabkan pelepasan anggota tubuh yang begitu mudah, seperti pada penyakit tzaraath.

Kata Kunci :

yhs-mystartdefault, 3 contoh kasus penyakit menular, definisi penyakit uri, penyakit menular dan pembahasannya

Related Posts to "Contoh Penyakit Menular"

Response on "Contoh Penyakit Menular"

Obat Pembesar Penis