Tuesday, 02 September 2014

Epidemiologi Penyakit Menular

Epidemiologi Penyakit MenularEpidemiologi berasal dari bahasa yunani yaitu Epi yang berarti pada, Demos yangberarti penduduk, dan Logos yang berarti ilmu. Jadi epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan masyarakat.

Epidemiologi Penyakit Menular

Pada era dewasa ini telah terjadi pergeseran pengertian epidemiologi, yang dulunya lebih menekankan ke arah penyakit menular ke arah – arah masalah kesehatan dengan ruang lingkup yang sangat luas. Keadaan ini terjadi karena transisi pola penyakit yang terjadi pada masyarakat, pergeseran pola hidup, peningkatan sosial, ekonomi masyarakat dan semakin luasnya jangkauan masyarakat. Mula-mula epidemiologi hanya mempelajari penyakit yang dapat menimbulkan wabah melalui temuan-temuan tentang jenis penyakit wabah, cara penularan dan penyebab serta bagaimana penanggulangan penyakit wabah tersebut. Kemudian tahap berikutnya berkembang lagi menyangkut penyakit yang infeksi non-wabah. Berlanjut lagi dengan mempelajari penyakit non infeksi seperti jantung, karsinoma, hipertensi, dll. Perkembangan selanjutnya mulai meluas ke hal-hal yang bukan penyakit seperti fertilitas, menopouse, kecelakkaan, kenakalan remaja, penyalahgunaan obat-obat terlarang, merokok, hingga masalah kesehatan yang sangat luas ditemukan di masyarakat. Diantaranya masalah keluarga berencana, masalah kesehatan lingkungan, pengadaan tenaga kesehatan, pengadaan sarana kesehatan dan sebagainya. Dengan demikian, subjek dan objek epidemiologi berkaitan dengan masalah kesehatan secara keseluruhan.

Di era modern dan perkembangan teknologi seperti sekarang ini memicu jangkauan epidemiolgi semakin meluas. Secara garis besarnya jangkauan atau ruang lingkup epidemiologi antara lain:

a. Epidemiologi Penyakit Menular

b. Epidemiologi Penyakit Tidak Menular

c. Epidemiologi Kesehatan Reproduksi

d. Epidemiologi Kesehatan Lingkungan

e. Epidemiologi Kesehatan Kerja

f. Epidemiologi Kesehatan Darurat

g. Epidemiologi Kesehatan Jiwa

h. Epidemiologi Perencanaan

i. Epidemiologi Prilaku

j. Epidemiologi Genetik

k. Epidemiologi Gizi

l. Epidemiologi Remaja

m. Epidemiologi Demografi

n. Epidemiologi Klinik

o. Epidemiologi Kausalitas

p. Epidemiologi Pelayanan Kesehatan, dsb.

Perkembangan epidemiologi sedemikian pesatnya merupakan tantangan bagi tenaga kesehatan yang harus lebih cermat dalam mengambil tindakan-tindakan yang tidak melenceng dari jangkauan tersebut. Adapun yang menjadi pemicu perkembangan pesat tersebut adalah perkembangan pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih yang menuntut peningkatan kebutuhan masyarakat utamanya dalam bidang kesehatan sehingga kehidupan masyarakat yang semakin kompleks. Selain itu, metode epidemiologi yang digunakan untuk penyakit menular dapat juga digunakan untuk penyakit non-infeksi. Apalagi dengan munculnya berbagai macam fenomena kesehatan seperti penyakit baru dan lama (prevalensi) mendorong penelitian juga semakin meningakat.

Pergeseran ini pula yang menyebabkan pergeseran pengertian/definisi dalam epidemiologi, yang tadinya hanya menekankan pada penyakit-penyakit menular, yang meliputi pencegahan, pemberantasan penyakit menular ke arah mempelajari masalah-masalah kesehatan yang terjadi pada masyarakat atau sekelompok manusia yang menyangkut frekuensi, distribusi masalah kesehatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Terdapat beberapa peranan epidemiologi, antara lain :

a. Perencanaan kesehatan

b. Epidemiologi perencanaan

c. Perencanaan pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan

d. Perkembangan epidemiologi perencanaan

Kata Kunci :

epidemiologi penyakit menular, ABG pemberantasan penyakit-penyakit menular dalam ilmu kesehatan masyarakat, epidemiologi berasal dari bahasa yunani, ruang lingkup epidemiologi penyakit menular

Related Posts to "Epidemiologi Penyakit Menular"

Response on "Epidemiologi Penyakit Menular"