Monday, 01 September 2014

Gejala Ginjal

Gejala Ginjal – banyak diantara kita barangkali tidak menyadari dengan kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan dan aktivitas juga kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan suatu penyakit berbahaya salah satunya adalah penyakit batu ginjal.

Gejala Ginjal

Ginjal merupakan diantara organ penting manusia yang berfungsi sebagai penyaring zat-zat sisa metabolisme dalam darah, mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengeluarkan sisa-sisa metabolisme seperti urea ,kreatinin, dan amonia, mengatur keseimbangan garam-garam dalam tubuh. Nah apabila dari fungsi ginjal ini ada yang bermasalah maka akan berakibat buruk pada sistim metabolisme dalam tubuh. Coba bayangkan jika racun-racun yang seharusnya dikeluarkan bersama urine terus berputas terus dalam tubuh seperti kejantung dan organ lain apakah yang kan terjadi ?

Dampak terbuk dalam kasus penyakit ginjal adalah kematian dalam jangka pendek mungkin para ahli medis bisa mencari solusi lewat tehnologi cuci darah, cangkok ginjal dan sistem lain akan tetapi sampai berapa lama penderita ginjal akan bertahan ? termasuk dalam masalah biaya, yang kita tahu untuk melakukan operasi cangkok ginjal dan cuci darah akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Sebelum sesuatu terjadi sebaiknya kita mengenal lebih dahulu ciri-ciri dan gejala sakit ginjal yang pada kebanyakan orang tidak mengenalnya bahkan tanpa mengetahuinya. Kondisi ginjal bermasalah untuk setiap orang memang berbeda juga tidak terlalu spesifik seperti nyeri punggang, pinggang terasa panas, susah untuk kencing dan bahkan tanpa gejala sama sekali, ini yang berbahaya.

Perlu di perhatikan apabila Anda mengalami sakit atau gejala seperti sakit pinggang, sakit atau susah kalau kencing, kencing bercampur darah /nanah, sering kencing, terutama diwaktu malam hari, bengkak dikelopak mata, tangan atau kaki (terutama pada anak) juga tekanan darah tinggi. Maka sebaiknya Anda perlu waspada.

Terjadinya sakit pinggang bisa berasal dari ginjal atau saluran kemih bagian atas. Intensitas juga macamnya sangat berbeda tergantung dari pemicunya; misalnya saja kalau terdapat adanya batu diginjal barangkali hanya dirasakan “tidak enak” atau “rasa kemeng” pada pinggang.

Sakit Pinggan Gejala Ginjal

Gejala Ginjal

Perlu Anda perhatikan juga bahwa apabila keluhan tersebut dirasakan selalu disatu sisi, kemungkinan ada kelainan diginjal besar sekali. Untuk sakit kedua pinggang, apalagi kalau semakin sakit jika tubuh dibungkukkan, maka penyebabnya bukan dari ginjal, akan tetapi dari otot atau tulang belakang. Sedangkan sakit yang paling menyebabkan penderitaan adalah kolik ginjal/ureter, yang sifatnya secara berkala diselingi fase tanpa sakit. Kalau datang serangan penderita sangat kesakitan yang dapat disertai mual dan tumpah, misalnya paling sering terjadi kalau ada batu kecil pada saluran kemih ( ureter ).

Kelainan yang terjadi pada kandung kemih akan mengakibatkan rasa tidak enak di area perut tengah bawah. Selain itu bisa juga penderita sulit untuk kencing atau kalaupun kencing selalu menetes dan segera ingin kencing lagi.

Keinginan sering kencing ini biasanya terjadi terutama pada waktu malam hari, nah dari indikasi ini dapat disimpulkan bahwa penderita sudah mengalami pertanda awal terkena sakit ginjal.

Penderita sakit ginjal pada umumnya wanita kencing rata-rata 3x atau 4x dan pria sekitar 5x atau 6x tiap harinya. Bangun tidur tiap malam untuk kencing 2-3x adalah tidak normal, terkecuali jika minumnya berlebihan atau setiap habis kencing minum lagi ( yang merupakan kebiasaan pada beberapa orang ).

Sering kencing akan terjadi bila volume kandung kemih berkurang misalnya karena infeksi, tumor atau tertekan pada wanita hamil. Pada orang sehat dapat timbul dalam keadaan “stress” karena ketakutan atau rasa jemu. Yang perlu diperhatikan juga adalah jumlah air kemih selama 24 jam; kalau melebihi 3 liter/24 jam merupakan tanda ada sesuatu yang tidak normal.

Kencing darah hampir pasti menunjukkan adanya perdarahan pada ginjal atau sepanjang saluran kemih. Tergantung dari banyak perdarahan yang terjadi, darah dalam urin dapat dilihat langsung ( disebut “gross hematuria” ) kalau jumlahnya banyak, apabila jumlahnya sedikit baru dapat diketahui dengan pemeriksaan menggunakan mikroskop. Asal perdarahan dapat dari ginjal ( kalau dimisalkan sungai dari hulunya ), sepanjang saluran kemih ( sepanjang aliran sungai atau dari ujung saluran ( muara sungai ) dan adalah tugas dokter untuk menentukan asal dan sebab perdarahan tersebut.

Sedangkan gejala penyakit ginjal, bengkak disekitar kelopak dua mata merupakan tanda khusus sakit ginjal, terutama pada anak-anak, begitu juga bengkak dikedua tangan atau kaki dapat merupakan pertanda awal dari adanya sakit ginjal.

Tanda awal sakit ginjal terakhir yaitu tekanan darah tinggi merupakan problematik tersendiri oleh karena belum adanya kesatuan pendapat tentang peranan ginjal dalam patogenesis dari hipertensi pada umumnya maka peranan ginjal yang nyata adalah pada apa yang disebut “hipertensi renal”.

Semoga bisa menjadikan bahan pengetahuan bagi kita semua tentang keluhan yang kerap kita rasakan namun sering terabaikan. Mudah-mudahan bermanfaat sekilas postingan mengenai gejala ginjal.

Kata Kunci :

sakit pinggang dan sering kencing

Related Posts to "Gejala Ginjal"

Response on "Gejala Ginjal"