Wednesday, 27 August 2014

Pengertian Penyakit Menular

Pengertian Penyakit MenularPenyakit menular (Communicable diseases) adalah penyakit infeksi yang dapat dari orang atau hewan sakit, dari rervior ataupun dari benda-benda yang mengandung bibit penyakit lainnya ke manusia yang sehat.

Pengertian Penyakit Menular

Penyakit menular dapat didefinisikan sebagai sebuah penyakit yang dapat ditularkan (berpindah dari orang satu ke orang yang lain, baik secara langsung maupun perantara). Penyakit menular ini ditandai dengan adanya agent atau penyebab penyakit yang hidup dan dapat berpindah serta menyerang host atau inang (penderita).

Dalam medis, penyakit menular atau penyakit infeksi adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi (seperti virus, bakteria atau parasit), bukan disebabkan faktor fisik (seperti luka bakar) atau kimia (seperti keracunan).

Jenis Penularan Penyakit Menular

Jadi Penyakit menular adalah penyakit yang menyerang manusia yang bisa mengalami perpindahan penyakit ke manusia lain dengan cara tertentu. Secara garis besar cara penularan penyakit menular dapat dikelompokkan menjadi 4, yaitu :

  1. Media Langsung dari Orang ke Orang (Permukaan Kulit)
  2. Melalui Media Udara Penyakit yang dapat ditularkan dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung melalui udara pernapasan disebut sebagai air borne disease.
  3. Melalui Media Air Penyakit dapat menular dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung melalui air. Penyakit-penyakit yang ditularkan melalui air disebut sebagai water borne disease atau water related disease.

Agen Penyakit :

  1. Virus : hepatitis virus, poliomielitis
  2. Baktcri : kolera, disentri, tifoid, diare
  3. Protozoa : amubiasis, giardiasis
  4. Helmintik : askariasis, penyakit cacing cambuk, penyakit hidatid
  5. Melalui Media Vektor Penyakit Artbropod-borne diseases atau sering juga disebut sebagai vector-borne diseases merupakan penyakit penting yang seringkali bersifat endemis maupun epidemis dan sering menimbulkan bahaya kematian.

Pengertian Penyakit Menular

 

Pengertian Penyakit Menular

Penyakit menular banyak macamnya dapat kita lihat di macam-macam penyakit menular. Tetapi hanya ada beberapa yang paling banyak menyerang masyarakat.

Penyakit menular yang juga dikenal sebagai penyakit infeksi. Dalam istilah medis, penyakit menular adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi, seperti virus, bakteria atau parasit. Penyakit menular dapat ditularkan atau menular kepada orang lain, melalui media tertentu seperti udara seperti penyakit TBC dan Infulenza, tempat makan dan minum yang kurang bersih pencuciannya seperti penyakit Hepatitis, atau tifus, dan lain-lain, serta jarum suntik dan transfusi darah seperti HIV Aids dan Hepatitis.

Demikian artikel penyakit menular tentang Pengertian Penyakit Menular semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca juga artikel menarik dari penyakit menular Epidemiologi Penyakit menular dan Jenis-jenis Penyakit Menular

Kata Kunci :

pengertian penyakit menular, definisi penyakit menular, konsep penyakit menular, arti penyakit menular, Penyebab penyakit fortiknes, pengertian penyakit manular, Makalah penyakit fortiknes, penyakit menular adalah, Penyakit menular dan macam macamnya, penyakit menular arti

Related Posts to "Pengertian Penyakit Menular"

Response on "Pengertian Penyakit Menular"