Friday, 22 August 2014

Penyakit Mata

Penyakit mataPenyakit mata dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Mata merupakan alat indra yang sangat penting. Secara medis, penyakit mata disebabkan oleh beberapa sebab, salah satunya karena adanya gangguan mata bawaan. Penyakit mata bawaan ini terjadi pada mereka yang mempunyai riwayat orang tua mempunyai gangguan mata sehingga gangguan mata tersebut menurun pada anaknya.

Penyebab penyakit mata bawaan biasa disebut dengan glaukoma. Glaukoma ini dapat terindikasi dengan adanya beberapa gejala yang tampak, seperti mata terlalu sensitif dengan cahaya, mata sering berair, mata nampak terlihat merah. Biasanya, glaukoma banyak diderita oleh anak-anak, seperti terjadinya pembesaran kornea mata yang mengakibatkan pandangan kabur. Pandangan menjadi kabur karena cahaya tidak dapat masuk sehingga retina tidak dapat menangkap gambar. Gangguan pada sistem syaraf yang mengantarkan gelombang cahaya menuju retina ini menyebabkan otak tidak mampu menangkap gelombang yang ditangkap.

Penyakit mata bisa disebabkan oleh beberapa faktor , yaitu faktor usia dan faktor gangguan pada struktur syaraf mata. Akibatnya, mengganggu cahaya yang masuk, mengganggu pemusatan objek yang dilihat, dan dampaknya memperburuk objek yang harus diantarkan secara kontinu ke otak.

Jenis-Jenis Penyakit mata

1. Rabun Dekat
Rabun dekat biasa disebut sebagai Presbyopia. Presbyopia biasa terjadi pada usia lanjut. Rabun dekat merupakan gangguan pandangan pada jarak dekat yang disebabkan oleh hilangnya akomodasi pada rentang usia 40-50 tahun. Pada usia ini, sering timbul kesulitan membaca atau melihat benda dengan jarak 25 cm. Benda maupun tulisan terlihat tidak jelas. Presbyopia biasanya dapat dibantu dengan kacamata positif.

2. Rabun Senja
Rabun senja atau nyctalopia adalah terjadinya kerusakan pada retina. Penyebab lainnya bisa karena retinitis pigmentosa, mata minus, dan pengaruh obat-obatan. Penyakit ini bisa juga disebabkan oleh bawaan dari lahir. Penderita rabun senja tidak bisa melihat saat sinar yang ada di sekitarnya remang-remang atau pada malam hari.

3. Rabun Jauh
Rabun jauh menyerang siapa saja baik muda maupun tua. Penyakit ini disebabkan adanya kelainan refraksi (proses pembiasan) sehingga fokus bayangan yang ditangkap jatuh di depan retina.

4. Katarak
Ini adalah penyakit mata yang biasa terjadi pada orang lanjut usia dan anak yang baru dilahirkan. Biasanya, pada bayi yang baru dilahirkan disebut katarak kongenital. Katarak pada usia lanjut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya cedera mata, penyakit metabolik, dan faktor lingkungan.

5. Hordeolum
Hordeolum adalah infeksi mata yang menyerang kelenjar mata. Penyakit mata ini biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Bakteri stafilokokus adalah semacam tonjolan kecil yang tumbuh di kulit. Tonjolan kulit tersebut mengandung nanah. Biasanya, dalam bahasa jawa penyakit ini disebut sebagai Trimbilen (Semacam benjolan kecil yang tumbuh di dekat mata).

Penyakit Mata

Penyakit Mata

Cara Alami Mengobati Sakit Mata

Cara alami mengobati sakit mata salah satunya yaitu melalui penggunaan bahan-bahan yang alami seperti bawang putih. Sakit mata seperti sakit mata merah atau yang biasa di sebut dengan belekan merupakan suatu penyakit yang tidak pandang usia. Baik anak yang masih kecil hingga orang tua mempunyai peluang yang sama untuk terkena penyakit ini.

Penyakit mata merah merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang di tunggangi oleh kuman sehingga terjadi infeksi pada bagain mata. Oleh sebab itu, penyakit mata merah merupakan jenis sakit mata menular.

Penderitanya akan merasakan pedih pada matanya, mata menjadi bengkak dan memerah, bahkan sampai mengalami kesulitan untuk membuka mata ketika bangun tidur, hal ini di karenakan menumpuknya kotoran di seputar kelopak mata yanga membuat pandangan si penderita menjadi kabur.

Berbeda dengan cara alami mengobati mata minus, untuk mengatasi penyakit mata merah, kita memerlukan cara alami mengobati mata yang sakit agar dapat meminimalisir efek samping yang biasanya di timbulkan jika mengkonsumsi obat mata. Berikut ini akan di ulas beberapa cara alami mengobati sakit mata:

  1. Basuh muka dengan air yang bersih hingga mata terbebas dari kotoran-kotoran kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih.
  2. Ambil satu siung bawang putih yang telah di cuci bersih. Potong bagian ujung bawang sedikit.
  3. Gosokkan secara perlahan ujung bawang putih yang telah di potong tadi sejajar dengan akar bulu mata. Jangan di gosokkan di bagian kelopak atas, sebaiknya gosokkan saja di bagian kelopak mata bawah.
  4. Tunggu beberapa saat hingga menimbulkan rasa perih, geli, bahkan gatal hingga membuat kepala seolah-olah bergoyang. Tahan, jangan langsung di cuci.
  5. Ulangi lagi langkah di atas beberapa kali
  6. Ada baiknya melakukan pengobatan ini sesaat sebelum anda tidur.

Cara alami mengobati sakit mata yang di jelaskan di atas dapat anda aplikasikan di rumah tapi sebaiknya dengan pengawasan orang lain, agar jika terjadi kesalahan ada orang lain yang bisa membantu anda. Hindarilah mengucek ataupun sekedar memegang mata jika terasa gatal.

Sebaiknya kurangi kontak langsung dengan mata orang lain agar mencegah menularnya penyakit mata yang anda derita. Semoga informasi mengenai cara alami mengobati sakit mata ini bisa bermanfaat bagi anda.

Kata Kunci :

gambar penyakit mata, yhs-fullyhosted_003, Sakit Mata Jenis Penyakit Mata, saraf mata herpes, Sakit mata dan gambarnya, obat alami katarak bayi, jenis2 penyakit mata, gambar penyakit mata pada anak, gambar mata yang sakit, gambar mata beleken

Related Posts to "Penyakit Mata"

Response on "Penyakit Mata"