Friday, 19 December 2014

Penyakit Panu

Penyakit PanuPenyakit Panu adalah penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya ruam di beberapa bagian tubuh. Kondisi ini jika dibiarkan bisa menjadi kronis, oleh sebab itu harus segera mendapatkan pengobatan. Penyakit panu biasanya ditandai dengan munculnya titik-titik kecil di atas kulit. Bercak yang muncul tersebut bisa berbentuk oval atau melingkar. Tempat muncul panu biasanya pada bagian punggung, lengan atas, dan dada. Pada beberapa orang penyakit ini juga bisa menjangkiti wajah, leher, dan paha atas. Warna yang muncul pada bercak-bercak panu beragam, seperti merah, merah mudah, putih, dan cokelat. Jika anda menyentuh ruam tersebut, anda akan merasakan tekstur yang cukup kasar di perbatasan panu dan kulit normal.

Panu paling banyak dijumpai pada remaja usia belasan. Meskipun begitu penyakit panu juga bisa ditemukan pada penderita berumur yang lebih tua atau lebih muda. Penyakit ini biasanya menyerang kulit di daerah yang menghasilkan banyak keringat. Biasanya panu terdapat pada bagian atas dada, lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, muka dan kepala. Panu terutama ditemukan di daerah yang lembap dan dilindungi pakaian. Selain menyebakan gatal pada kulit, panu juga membuat penderitanya menjadi tak percaya diri.

Penyakit panu bisa mengenai siapa saja, namun lebih sering terjadi pada remaja dan orang dewasa. Penyakit kulit ini juga lebih sering muncul pada orang-orang yang tinggal di lingkungan yang hangat dan lembab. Penyakit panu pada umumnya tidak menular, namun sering kambuh pada penderita selang waktu 1 hingga 2 tahun setelah penyembuhan.

Penyakit Panu

Penyakit Panu

Pengobatan alami penyakit panu

Penyakit panu bisa disembuhkan dengan berbagai macam obat anti jamur yang tersedia saat ini. Namun jika anda ingin cara yang lebih alami, anda bisa mengikuti berapa pengobatan alami berikut ini:

  1. yogurt : Yogurt mampu melawan jamur yang menyebabkan infeksi. Yogurt juga bermanfaat untuk mengatur jumlah bakteri dan mencegah infeksi agar tidak meluas. Untuk menghilangkan panu, anda bisa mengoleskan yogurt pada bagian yang terinfeksi secara teratur.
  2. Cuka: Cuka juga memiliki sifat anti jamur. Ambil selembar kapas atau kain, lumuri dengan cuka, lalu oleskan ke bagian tubuh yang mengalami panu. Terapi ini perlu dijalankan setiap hari selama beberapa bulan agar hasilnya cepat terasa.
  3. Minyak daun teh: Ini adalah bahan yang sangat efektif untuk mengobati panu. Minyak daun teh memiliki sifat anti jamur dan mampu menghilangkan kelebihan minyak di permukaan kulit. Cara pemakaiannya sama dengan cuka. Oleskan bahan pada kapas atau kain, kemudian usapkan pada bagian yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa saat lalu hapus dengan air atau alkohol.
  4. Kunyit : Anda bisa membuat obat anti panu dengan mencampurkan kunyit, sedikit bubuk kayu cendana, dan mentega. Aplikasikan adonan ini pada kulit yang terinfeksi setiap hari.
  5. Bawang putih : bawang putih memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai zat anti jamur.
  6. Buah-buahan : Beberapa buah kaya akan antioksidan sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin tinggi sistem imun di dalam tubuh, semakin cepat proses penyembuhan panu.
  7. Sayur-sayuran : Anda sebaiknya memakan banyak sayur setiap hari. Sayur juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi secara teratur.
  8. Madu : Madu bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Apapun bentuknya, madu asli atau yang sudah diproses, bahan makanan ini bisa memberikan efek positif pada pengobatan penyakit panu.
  9. Cengkeh : Cengkeh memiliki kemampuan alami dalam melawan infeksi jamur. Anda bisa memakainya untuk pengobatan luar maupun dalam. Mengunyah cengkeh secara rutin bisa mencegah infeksi jamur dan membersihkan jamur yang menempel pada tubuh.

Response on "Penyakit Panu"

Jasa Like Fanpage Facebook Murah