Tuesday, 16 September 2014

Penyakit Tipes

Penyakit TipesTipes atau thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus)

 

Kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

 

Penyakit Tipes atau dalam bahasa kedokteran dikenal dengan Typhus Abdominalis (typhoid) disebabkan oleh sejenis kuman yang disebut dengan Typhoid Bacillus. Kuman ini menyerang jaringan – jaringan getah bening. Penyakit ini sering menyerang pada anak yang berumur diatas 2 tahun. Walaupun sebenarnya tidak termasuk sebagai penyakit yang berbahaya, namun seringkali membuat para orang tua khawatir karena gejala yang mengikuti penyakit tipus ini yang biasanya juga bisa mengakibatkan dehidrasi serta radang otak bila tidak ditangani dengan benar.

 

Gejala Penyakit Tipes

  • Timbul demam berlahan – lahan yang dimulai dari rasa tidak enak badan dan berkurangnya nafsu makan selama beberapa hari
  • Setelah 5 – 7 hari baru muncul demam tinggi yang bahkan bisa mencapai 40 derajat celcius
  • Terdapat keluhan susah buang air besar karena yang diserang adalah saluran cerna. Dalam kasus tertentu, penderita tidak bisa melakukan buang air besar sampai seminggu
  • Denyut jantung terasa melambat
  • Ada kemungkinan terjadi ruam pada permukaan kulit
  • Terjadi pembengkakan limpa

Pencegahan Penyakit Tipes

Karena penyakit ini menyerang saluran pencernaan, maka hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tipus ini adalah dengan cara menjaga kebersihan makanan yang kita konsumsi. Ini tidak hanya berarti makan jadi yang kita konsumsi harus selalu bersih, namun kita juga harus memperhatikan mulai dari sumber bahan makanan, cara pengolahan, serta cara penyajiannya. hal terpenting adalah sebisa mungkin mneghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia dan bahan pengawet.

Selain itu, pencegahan terhadap penyakit tipus ini bisa dilakukan dengan cara mendapatkan imunisasi tipus. Imunisasi jenis ini diberikan sebanyak 3x, yaitu pada umur 15 bulan, 16 bulan, dan 17 bulan dan pengulangannya dilakukan 3 tahun sekali. Imunisasi ini juga bisa diberikan kepada orang dewasa jika salah satu anggota keluarganya ada yang mengalami serangan penyakit tipus.

 

Penyakit Tipes

 

Mengobati Penyakit Tipes

Pada dasarnya dengan hanya cukup beristirahat penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Apalagi bila penderita masih dengan sadar hanya mengkonsumsi makanan yang bertekstur lembut seperti halnya bubur malah bisa mempercepat proses kesembuhan penyakit tipus ini. Apabila ternyata dibutuhkan rawat inap di rumah sakit, biasanya penderita akan di infus sebagai salah satu cara untuk memberikan cairan serta nutrisi yang cukup kepada penderita. Dengan istirahat yang cukup sampai kondisi benar- benar pulih tentu akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Jangan buru – buru mengambil kesimpulan bahwa penyakit tipus telah pergi saat demam mulai turun karena pada penyakit tipus akan terjadi kondisi demam on – off sampai penderita benar – benar sembuh.

Related Posts to "Penyakit Tipes"

Response on "Penyakit Tipes"